Review Sarbjit : Keadilan dan Kemanusiaan yang Tergadai

  • Februari 02, 2019
  • By Ayu Fitri Septina
  • 0 Comments



Selamat pagi!

Kali ini aku mau review film Bollywood, ini dia!

Judul :
Sarbjit

Tahun rilis :
2016

Produksi : 
Pooja Entertainment

Pemain : 
Aishwarya Rai (Dalbir), Randeep Hooda (Sarbjit Singh), Richa Cadha (Sukh), etc.

Genre :
Biografi, Drama, Romance

Durasi : 
2 jam 30 menit

Sinopsis

Bercerita tentang seorang Dalbir, adik yang sangat mencintai kakaknya, Sarbjit. Sang kakak ditahan di penjara Pakistan dengan tuduhan telah mengebom wilayah itu, padahal yang melakukannya adalah Ranjit Singh. Berbagai upaya dilakukan Dalbir untuk membebaskan adiknya, namun kabar baik itu tidak kunjung tiba sampai 21 tahun lamanya.

21 tahun dipenjara dengan berbagai macam penyiksaan membuat Sarbjit hampir gila. Beruntung di akhir kisahnya, ada seorang pengacara Pakistan yang dengan sukarela membantu kasus Sarbjit meski dia mendapat makian dari warga negaranya sendiri. Lalu, bagaimana kisah Sarbjit selanjutnya? Bisakah pengacara muda ini membebaskan dia dari penjara?

Ya Allah, film ini keren abis Gaeeeess, kalian kudu nonton! Kisah ini diambil dari kisah nyata biografinya Sarbjit Singh. Dia merupakan tawanan India di Pakistan yang sebenarnya tidak bersalah. Konflik politik India-Pakistan saat itulah yang membuat dia tertahan di dalam penjara tanpa kepastian dari pemerintahan India.

Meski idenya diambil dari kisah nyata, tentu ada sedikit bumbu-bumbunya lah, ya, biar tambah gereget gitu (termasuk adegan nyanyi-nyanyi dan segala macam). Penokohan dan akting mah, udah nggak usah ditanya ya, Aishwarya Rai kereeeeennn banget bawain peran si Dalbir ini. Yang lain juga oke, meski bukan artis Bollywood yang familiar di mataku.

Alur yang digunain dalam film ini adalah alur campuran, jadi kita emang kudu mantengin dari awal karena bisa gagal paham kalau nonton pas udah di tengahnya aja. Konflik di sini gereget bangeeet, dengan klimaks yang aaaargh bikin merinding! Entah kapan terakhir kali aku nonton film sampai nangis sesenggukan gini, dan semalem si Sarbjit sukseeess bikin mataku sembap sesembap-sembapnya.

Terenyuh banget deh, pokoknya, antara miris dengan nasibnya Sarbjit, turut bergelora dengan semangatnya Dalbir, dan geregetan sama pemerintah India yang nggak nggople sama sekali sama nasibnya Sarbjit. Plotnya tersusun secara apik, nggak ada plot hole yang ngeganggu. Ada sedikit twist yang bikin tambah geregetan di film ini, cuma penyajiannya menurutku terlalu singkat dan nggak ada penjelasan lebih lanjut.

Setting latarnya hanya seputar India-Pakistan aja, kalian nggak akan dibawa jauh ke mana-mana. Ending-nya gimana coba? Ah, nonton sendiri lah, aku nggak mau spoiler nanti jadi nggak seru. Ada sedikit-banyak adegan yang bikin ngilu hati, bukan gore sih, cuma ya, penyiksaan si Sarbjit ini di penjara beneran jauh dari peri kemanusiaan. Kasihan banget, gila!

Nggak ada kurang-kurang yang bikin cerita ambyar di film ini, semuanya tereksekusi dengan pas dan nggak terkesan lebay. Udah deh, aku melongo sambil nangis nonton film ini, beneran dibawa hanyut dalam masa-masa ramainya konflik kedua negara yang padahal batasnya cuma pakai pager doang. Jangan sampai Indonesia punya konflik dan nasib yang serupa kaya gini, nggak bisa bayanginnya.

Banyak pesan moral yang bisa diambil dari ini film ini, di antaranya plis aparat telitilah dulu sebelum nangkep orang sembarangan. Dikira enak apa hidup 21 tahun di penjara tanpa kesalahan yang diperbuat? Terus, sebagai pemerintah juga kudunya tanggep sama kasus kaya beginian, masa ada warganya ditawan, malah ditelantarin gitu aja nggak diurus. Nomor satukan kemanusiaan daripada sifat egois kita sendiri karena nyawa bukanlah sesuatu yang pantas ditukar dengan itu.

Satu lagi, setialah pada pasangan seperti Sukh, istri Sarbjit. 21 tahun ditinggal tanpa kepastian tidak menggoyahkan kesetiaannya pada suaminya itu. Aduh, terenyuh banget sumvaaah deh!

Ada satu quote nyeleneh tapi bener yang aku suka banget, nih :

Google bisa menemukan apa saja, tapi hanya satu hal yang belum bisa ditemukannya yaitu Tuhan.


Finally, film ini rekomended, kalian nggak akan nyesel nontonnya meski durasinya lama. Aku kasih 8/10. Di Imdb sendiri, Sarbjit berhasil meraih 7,3 / 10 suara. Selamat menonton, siapin tisu!


Salam, 



You Might Also Like

0 comments